Gerakan
Pramuka dalam usahanya untuk mencapai tujuannya, berusaha meningkatkan mutu dan
jumlah anggotanya. Salah satu usaha itu adalah meningkatkan mutu dan jumlah
pembina pramuka, yang akan melaksanakan tugas mambina peserta didik di satuannya
masing - masing.
Guna menunjang keberhasilan usaha tersebut, perlu
diselenggarakan berbagai macam kursus untuk para pembina pramuka, andalan,
pelatih staf kwartir dan lain-lainnya. Sebagai bahan rujukan kursus utuk
mengikuti kursus tersebut, disususnlah bahan-bahan kursus, termasuk penyusunan
naskah makalah ini. Dengan membaca dan mempelajari makalah ini kemudian medalami dan
mencoba menghayatinya dalam kursus atau pendidikan informal lainnya diharapkan
usaha gerakan pramuka tersebut di atas dapat lebih berhasil.
Dalam makalah ini saya tuliskan tentang :
1. Kepramukaan
2. Gerakan
Pramuka dengan perkembangannya, antara lain mengenai
a.
Dasar dan organisasinya.
b.
Tugas pokok, fungsi dan
tujuannya.
c.
Usaha-usaha untuk mencapai
tujuannya, dan sebagainya.
3. Prinsip
dasar metodik pendidikan kepramukaan dan sistem among yang merupakan cara yang
digunakan untuk memina peserta didik dalm gerakan pramuka.
4. Pola
umum gerakan pramuka yang merupakan pola kerja seluruh unsur gerakan pramuka
untuk bersama-sama mencapai tujuan gerakan pramuka.
5. Visi
dan misi Gerakan Pramuka, Revitalisasi Gerakan Pramuka dan Penjabaran Dasa
Dharma dalam kehidupan sehari - hari, sebagai usaha untuk membentuk manusia
indonesia yang berkepribadian, berwatak luhur, yang kuat dan sehat jasmani dan
rohaninya, sehingga menjadi warga negara republik indonesia yang berjiwa
pancasila, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat,
bangsa dan negara.
Penjelasan yang serba singkat dan hanya
merupakan garis besar atau pokok pokok masalah saja; masih perlu di beri
penjelasan lebih lanjut, dengan contoh-contoh nyata, berdasarkan pengalaman dan
pengetahuan para pelatih yang menjelaskan bahan kursus tersebut. Juga dengan
diskusi dan bertukar pengalaman antar para pembina pramuka atau peserta kursus
lainnya, maka semua pihak yang bersangkutan akan mamperoleh tambahan
pengetahuan, pengertian dan pengalaman.
Yang penting adalah bahwa pembina pramuka tidak
hanya memiliki pengetahuan yang kami uraikan di atas saja, melainkan juga
memahaminya secara mendalam, menghayatinya, dan mampu mengembangkan dan
menggunakannya untuk membina peserta didik, menuju ketercapainya cita-cita
gerakan pramuka.